Lokasi
|
SMK
Negeri 2 Wonosari |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah
Menengah Kejuruan |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan
motivasi belajar dan kemampuan literasi peserta didik pada
materi klasifikasi materi Dengan menggunakan model Problem Based Learning
dengan metode diskusi dan praktikum dengan berbantuan bahan ajar elektronik
dan media padlet pada peserta didik kelas X TE SMK Negeri 2 Wonosari |
Penulis
|
Puput
Tri Ambarwati |
Tanggal
|
27
Oktober 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah: Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini
adalah: a. Motivasi belajar peserta didik masih rendahPeserta didik menganggap materi kimia SMK kurang bermanfaat dalam jurusannya
b. Kemampuan
literasi peserta didik rendah
Praktik
pembelajaran ini penting dibagikan Menurut saya praktik ini penting dibagikan karena banyak
guru yang mengalami permasalahan yang sama seperti yang saya alami. Selain
bisa memotivasi saya sendiri, diharapkan praktik ini juga dapat menjadi
referensi dan inspirasi bagi rekan guru lainnya yang mengalami permasalahan
seperti ini. Peran
dan tanggung jawab saya dalam praktik ini Saya sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk
melakukan proses pembelajaran ini secara efektif dengan menggunakan model,
metode, media pembelajaran yang sesuai dan inovatif sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan dan hasil belajar
peserta didik dapat maksimal. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Tantangan
untuk mencapai tujuan:
Pihak
yang terlibat dalam praktik ini: 1.
Saya sendiri sebagai guru
kimia (Projek IPAS) 2. Dosen
dan guru pamong yang selalu memberikan saran dan masukan dalam menghadapi
permsalahan dan tantangan- tersebut sehingga penulis dapat merancang,
melaksanakan, dan mengevalusi kegiatan pembelajaran/aksi ini 3. Kepala
sekolah yang telah memberikan izin dan dorongan motivasi untuk mengikuti
seluruh kegiatan PPG ini disamping kewajiban dalam mengajar 4. Rekan
sejawat, baik rekan PPG dan rekan guru di sekolah yang membantu dalam
mendukung proses praktik ini 5. Peserta
didik kelas X TE yang menjadi objek dalam menentukan masalah sampai ke
menyelesaikan masalah. 6.
Kameramen yang membantu
mengambil video praktik ini |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapai
tantangan tersebut: 1.
Pemilihan
Media Pembelajaran a. Strategi
yang dilakukan yaitu dengan menentukan media pembelajaran yang disesuaikan
pada karakter materi pembelajaran dan karakter peserta didiknya. Selain itu
guru juga memilih media yang disesuaikan dengan kemampuan dan sarana yang
dimiliki peserta didik. Media yang
digunakan pada praktik ini adalah berbasis TPACK yaitu padlet. Di dalam
padlet ini sudah membuat bahan ajar dengan anyflip, LKPD, asesmen
dengan quizizz, refleksi, dan sarana diskusi, dan lab virtual
Phet Corolado. Kemudian untuk memperjelas proses pembelajaran juga digunakan
power point dan video. b. Proses
pembuatan media dimulai dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat
medianya dan merancang topik-topik yang akan ditampilkan di padlet. Kemudian
guru menyiapkan bahan yang diperlukan, seperti membuat bahan ajar, power
point berbantuan canva, LKPD, asesmen yang kemudian diunggah dalam anyflip
maupun quizizz. Jika bahan semua sudah siap, kemudian memasukkan link
anyflip, quizizz, Phet Corolado, video dalam Padlet. c. Sumber
daya yang diperlukan dalam membuat media pembelajaran ini antara lain
pengetahuan guru dalam menggunakan berbagai aplikasi/website tersebut,
laptop, dan jaringan internet. 2.
Pemilihan
Metode Pembelajaran yang Variatif a. Strategi
yang digunakan dalam pemilihan metode pembelajaran ini adalah disesuaikan
dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materinya. Metode yang
digunakan yaitu: ceramah, diskusi tanya jawab, praktikum sederhana,
presentasi, dan penugasan. Berbagai metode yang dipilih diharapkan dapat
mengaktifkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. b. Proses
pemilihan metode ini yaitu guru mempelajari jenis-jenis metode pembelajaran,
kemudian memahami karakteristik peserta didik dengan melihat gaya belajar dan
kemampuan awal peserta didik. Dimana peserta didik SMK lebih cenderung
menyukai praktik. Setelah itu melihat karakteristik materi klasifikasi materi c. Sumber
daya yang diperlukan dalam pemilihan metode pembelajaran ini diantaranya
pemahaman guru terkait berbagai metode pembelajaran dan pemahaman terkait isi
materi. 3.
Pemilihan
Model Pembelajaran a. Strategi
yang digunakan dalam pemilihan model pembelajaran ini adalah disesuaikan
dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materinya. Selain itu
juga memilih model yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan
literasi peserta didik. Model pembelajaran yang dipilih pada praktik ini
adalah Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari 5 fase: 1) Mengorientasikan
peserta didik pada masalah - Peserta
didik diajak membuka padlet - Peserta
didik diberikan video pembuatan krecek - Peserta
didik diarahkan membuat pertanyaan yang dikaitkan dengan klasifikasi materi 2) Mengorganisasikan
peserta didik Guru membagi peserta didik dalam kelompok dan menjelaskan cara pengerjaan LKPD 3) Membimbing
penyelidikan - Peserta
didik mengerjakan LKPD dengan diskusi kelompok dan studi literatur (Phet
colorado, anyflip dari guru, dan sumber referensi lain) - Peserta
didik melakukan praktikum sederhana membedakan jenis campuran - Guru
membimbing dan memantau jalannya penyelidikan 4) Mengembangkan
dan menyajikan karya
- Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan hasil praktikumnya - Kelompok
lain memberikan tanggapan 5) Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah - Guru
mengkonfirmasi hasil penyelidikan dan presentasi peserta didik - Guru
memberikan penguatan materi b. Proses
Pemilihan model pembelajaran yaitu guru mempelajari jenis-jenis model
pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta
didik, kemudian memahami karakteristik peserta didik dengan melihat gaya
belajar dan kemampuan awal peserta didik. Setelah itu melihat karakteristik
materi klasifikasi materi c. Sumber
daya yang diperlukan yaitu pemahaman terkait model Problem Based Learning dan
pemahaman terkait materi. 4. Meningkatkan
Motivasi a. Strategi
yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah
memilih berbagai metode yang dapat mengaktifkan peserta didik seperti diskusi
tanya jawab, praktikum, presentasi. Tahapan metode ini kemudian dijabarkan
secara rinci pada modul ajar b. Proses
pengembangan Modul Ajar ini yaitu guru menentukan tahapan apa yang akan
dilakukan dalam pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif c. Sumber
daya yang diperlukan diantaranya pemahaman/kompetensi guru dalam pembuatan
modul ajar dan juga kreatifitas merancang kegiatan yang membuat peserta didik
lebih aktif dalam proses pembelajaran. 5. Meningkatkan
Kemampuan Literasi a. Strategi
yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik yaitu
dengan memperbanyak aktivitas literasi dalam pembelajaran yaitu dengan
mengurangi porsi ceramah dan membuat bahan ajar yang kontekstual sehingga peserta
didik lebih tertarik untuk membaca. Bahan ajar elektronik kontekstual
dipilih karena dapat dibaca dimana saja. Aktivitas membaca dan studi
literatur dalam proses pembelajaran ini akan membuat kemampuan literasi peserta
didik jangka panjang karena peserta didik mendapatkan pengetahuannya sendiri
bukan hanya dari guru. b. Proses
Pemilihan bahan ajar elektronik diawali dengan memahami isi materi dan
mencari kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. dari kumpulan materi tersebut
dibuat bahan ajar yang menarik dengan bantuan canva dan diunggah pada anyflip
yang nantinya dapat dibaca peserta didik dimana saja. c. Sumber
daya yang diperlukan yaitu pengetahuan materi dan hubungannya dalam kehidupan
sehari-hari. selain itu juga kemampuan menggunakan anyflip. Sumber daya dan materi yang dibutuhkan: Pada pelaksanaan praktik ini diperlukan berbagai
sarana prasarana yang mendukung diantaranya HP, Laptop, LCD proyektor,
speaker, jaringan internet, dna alat bahan praktikum klasifikasi materi serta
dukungan dari seluruh pihak terkait. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak dari aksi dan
langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif. Hal ini dapat dilihat
dari beberapa hal berikut:
Respon orang lain
terhadap aksi:
Faktor Keberhasilan: Faktor keberhasilan pada pembelajaran ini sangat
ditentukan oleh penguasaan guru terhadap model, metode, media,
langkah-langkah modul ajar yang sudah dibuat. Selain itu juga ditentukan oleh
kemampuan guru dalam mengelola kelas. Pembelajaran Keseluruhan Proses: Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan
tahapan yang sudah dilakukan guru yaitu sebagai guru sudah seharusnya terus
belajar dan berbenah diri untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan
inovatif dengan memilih model, metode, dan media pembelajaran yang sesuai. |
Selasa, 06 Desember 2022
Best Practice
Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Sebelum membaca best practice yang saya buat, kalian dapat menonton video aksi 2 di bawah ini.
Berikut adalah cerita praktik baik saya selama PPL pada PPG dalam jabatan kategori 2 Tahun 2022. Semoga memberikan manfaat.
Untuk mendowload file utuhnya, klik link berikut: file best practice
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Best Practice
Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Sebelum membaca best pra...
-
Berapa pH darah dalam tubuh? pH darah dalam tubuh makhluk hidup selalu berkisar 7,4. Hal ini karena semua cairan tubuh merupa...
-
Yogurt berasal dari bahasa Turki yang artinya susu asam. Disebut demikian karena bahan dasar yogurt adalah susu yang difermentasi denga...
-
Larutan penyangga juga digunakan untuk industri makanan dan minuman ringan seperti yang sering digunakan adalah natrium asetat dan asa...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar