Rabu, 08 Mei 2019

Apa Bedanya Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus?

Apa Bedanya Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus?

Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin. Tahukan kamu jika bensin merupakan salah satu hasil pengolahan minyak bumi. Penyusun utama bensin adalah isooktana (2,2,2-trimetilpentana).
Bagaimana kamu memilih jenis bahan bakar yang sesuai dengan kendaraanmu? Setiap kendaran memiliki standar minimal kualitas bensin yang harus digunakan. Ada beberapa kendaraan yang mensyaratkan menggunakan bensin jenis pertamax. Nah, apasih yang membedakan premium, pertalite, pertamax, dan pertamax plus?
Yang sudah terlihat perbedaan keempatnya adalah warnanya cairannya. Bahan bakar yang tidak menggunakan zat pewarna tambahan seperti Pertamax akan memberikan dampak pembakaran yang sempurna pada mesin. Bensin jenis premium memiliki warna kuning cerah yang berasal dari zat pewarna tambahan, pertalite memiliki warna hijau terang, pertamax memiliki warna biru kehijauan, sedangkan pertamax plus memiliki warna merah.
Perbedaan selanjutnya adalah dari angka oktan atau biasa disebut Research Octane Number (RON). RON merupakan kekuatan tekanan atau kompresi bahan bakar terhadap mesin. Maka semakin tinggi nilai oktannya semakin baik dampaknya untuk kinerja mesin. Selain itu residu dari sisa pembakaran mesin pun sedikit. Angka okan menunjukkan persentase isooktana dan n-heptana dalam bensin. Suatu bensin yang memiliki angka oktan 80, artinya dalam bensin tersebut mengandung 80% isooktana dan 20% n-heptana. Berikut perbedaan angka oktan pada premium, pertalite, pertamax, dan pertamax plus.
Tabel Perbedaan Angka Oktan pada Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Plus.
No
Jenis Bensin
RON
isooktana
n-heptana
1
Premium
88
88%
12%
2
Pertalite
90
90%
10%
3
Pertamax
92
92%
8%
4
Pertamax Plus
95
95%
5%

Perbedaan secara umum dari premium, pertalite, pertamax, dan pertamax plus adalah sebagai berikut.
Karakteristik
Premium
Pertalite
Pertamax
Pertamax Plus
Segi teknologi
Penggunaan premium dalam mesin berkompresi tinggi akan menyebabkan knocking. Premium di dalam mesin kendaraan akan terbakar dan meledak tidak sesuai gerakan piston. Knocking menyebabkan tenaga mesin berkurang sehingga terjadi pemborosan atau inefisiensi
Pembakaran lebih sempurna ketimbang premium karena memiliki RON 90.
Pertamax dapat menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan pertamax lebih maksimal dan pembakarannya lebih sempurna
Pertamax plus bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston, Pertamax Plus dapat membersihkan timbunan deposit pada fuel injector, inlet valve, dan ruang bakar, timbunan ini dapat menurunkan performa mesin kendaraan, Pertamax Plus juga dapat melarutkan air di dalam tangki mobil sehingga dapat mencegah karat dan korosi pada saluran dan tangki bahan bakar.
Segi Ekonomi
knocking berkepanjangan mengakibatkan kerusakan pada piston sehingga komponen tersebut lebih cepat diganti,
Dibanderol dengan harga lebih murah dari pertamax dan lebih mahal dari Premium namum lebih bagus pada mesin dibanding premium
BBM jenis Pertamax tidak disubsidi oleh pemerintah sehingga harganya mengikuti harga internasional
BBM jenis Pertamax tidak disubsidi oleh pemerintah sehingga harganya mengikuti harga internasional
Polusi yang dihasilkan
Menghasilkan NOx dan COx dalam jumlah besar.
Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah sedikit.
Menghasilkan NOx dan COx dalam jumlah yang sangat sedikit.
Menghasilkan NOx dan COx paling sedikit dibandingkan jenis BBM lain.
Segi Pembuatan
Dalam pembuatannya menggunakan tambahan pewarna (dye) yang memiliki kandungan sulfur maksimal 0,15 persen m/m atau setara dengan 1500 ppm.
Memiliki kandungan sulfur maksimal 0,05 persen m/m atau setara dengan 500 ppm.
Mengandung Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya
Megandung Toluene sebagai peningkat oktannya.
Wujud
Berwarna kuning bening
Berwarna Hijau Terang
Berwarna Biru kehijauan
Berwarna Merah

Untuk melihat perbedaan premium, pertalite, pertamax, dan pertamax plus bisa Anda lihat di link berikut.
Pilih Mana Premium, Pertalite atau Pertamax

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Practice

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)  Sebelum membaca best pra...