Selasa, 14 Mei 2019

Apa Bedanya Obat Sengatan Lebah dengan Tawon?


Obat Sengatan Lebah dan Tawon
Pernahkah kalian tersengat lebah atau tawon? Pasti terasa menyakitkan hingga menimbulkan efek bengkak pada bagian yang tersengat.  Senyawa apakah yang terkandung dalam sengatannya yang membuat kita kesakitan?

Berdasarkan hasil penelitian, sengatan lebah mengandung senyawa asam yaitu campuran dari asam amino, asam format, asam klorida, dan asam fosfat. Sementara itu, sengatan tawon mengandung basa. Dengan mengetahui jenis senyawa yang terkandung dalam sengatan lebah dan tawon, kita dapat memprediksi cara mengobati sengatan lebah dan tawon.

Prinsip reaksi asam dan basa dapat dimanfaatkan untuk mengobati sengatan lebah dan tawon. Asam yang terkandung dalam sengatan lebah dapat dinetralkan dengan mengoleskan senyawa bersifat basa, se[erti sabun atau soda kue (natrium bikarbonat (NaHCO3)) pada bekas sengatan. Basa yang terkandung dalam sengatan tawon dapat dinetralkan dengan mengoleskan senyawa asam, seperti asam cuka atau asam asetat (CH3COOH) pada bekas sengatan.

Lalu bagaimana membedakan antara lebah dan tawon?
Perbedaan antara lebah dan tawon terletak pada pinggangnya. Lebah memiliki pinggang yang kecil agak bulat, sedangkan tawon memiliki pinggang yang panjang langsing. Kemudian lebah hanya dapat menyengat sekali dan akan meninggalkan alat sengatanya pada orang yang tersengat. sedangkan pada tawon tidak demikian tawon dapat menyerang lebih dari satu kali pada mangsanya dan tidak akan meninggalkan alat sengatnya pada makhluk serangannya. Bentuk tubuh tawon berukuran lebih besar dan gemuk sedangkan pada lebah terlihat seperti memiliki banyak rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Practice

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)  Sebelum membaca best pra...