Rabu, 22 Mei 2019

KENAPA COLDPACK BISA MENGEMBANG?






Cold pack merupakan alat kompres dingin yang digunakan saat seseorang mengalami cedera seperti terkilir. Sebagai contoh, saat pemain sepak bola berbenturan dengan pemain lain dan mengalami cidera, tim medis segera dating dan mengeluarkan cold pack untuk mengompres bagian yang mengalami cidera. Cara memakai cold pack cukup mudah yaitu dengan sedikit memencet dan menggocok kemasannya maka cold pack dapat segera digunakan.


Sistem bekerja airbag adalah ketika terjadi tabrakan keras terdeteksi, sensor mobil langsung mengirimkan sinyal supaya airbag mengembang. Airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. Tanpa airbag sebagai bantalan, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt berpotensi mengakibatkan cedera pada leher dan dada.


Posisi airbag itu sendiri tergantung tipe mobilnya, ada yang hanya terpasang di bagian depan (pengemudi dan asisten) dan ada juga yang terpasang sampai ke bagian penumpang (front, side, dan curtain airbag)

Airbag memiliki berbagai nama teknis seperti Supplementary Restraint System (SRS), Air Cushion Restraint System (ACRS), dan Supplemental Inflatable Restraint (SIR). Tujuan dari sebuah airbag adalah untuk memperlambat gerak maju penumpang setenang mungkin dalam waktu sepersekian detik. Ada tiga bagian dari airbag yang memungkinkan hal ini terjadi:

  1. Kantung udara itu sendiri terbuat dari kain nilon tipis yang terlipat didalam kemudi atau dashboard. Untuk baru-baru ini juga pada kursi atau pintu.
  2. Sensor adalah perangkat yang memerintahkan kantung udara untuk mengembang. Proses pengembangan terjadi ketika ada benturan yang sebanding dengan menabrak dinding bata pada kecepatan 16 sampai 24 km per jam.
  3. System pengembangan airbag mereaksikan natrium azida (NaN3) dengan kalium nitrat (KNO3) untuk menghasilkan gas nitrogen (N2). Kemudian ledakan nitrogen mengembangkan airbag seketika dengan kecepatan sekitar 300 km per jam. Gas tersebut segera tersebar melalui lubang-lubang kecil, yang menyebabkan airbag mengempis. Seluruh proses memakan waktu sekitar 1/25 detik.


Cold pack berisi Kristal-kristal ammonium nitrat dan sekantung air dalam wadah yang mudah pecah. Jadi, saat cold pack dipencet, kantung air di dalamnya pecah dan sedikit mengocoknya ammonium nitrat larut dalam air. 

Ammonium nitrat adalah salah satu garam mudah larut yang menyerap panas. Jadi, saat ammonium nitrat bereaksi dengan air, ammonium nitrat menyerap panas dari air sehingga larutan yang berada dalam cold pack menjadi dingin. Cold pack dapat mengahsilkan temperature beku air.


https://www.ridergalau.com/cara-kerja-dan-fungsi-airbag-srs/

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang

    jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba

    keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Best Practice

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)  Sebelum membaca best pra...